03 Maret 2024
Headline News

SOSIALISASI SEKOLAH RAMAH ANAK

Pada hari Rabu, 1 Maret 2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan kegiatan berjudul "Sekolah Ramah Anak" di Ruang Rapat 3A Puspemkot Tangsel. Kegiatan ini dihadiri oleh para peserta dari berbagai satuan pendidikan yang ada di kota Tangerang Selatan.

Acara ini diisi oleh dua narasumber yang memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam bidang Sekolah Ramah Anak. Narasumber pertama, drg. Mercy Apriyanti, M.Si, menyampaikan materi tentang regulasi, pengertian, konsep, tujuan, dan kendala Sekolah Ramah Anak. Ia menjelaskan bahwa Sekolah Ramah Anak adalah sebuah program atau gerakan yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak-anak. Konsep Sekolah Ramah Anak mencakup aspek-aspek seperti hak-hak anak, partisipasi anak, perlindungan anak, serta pengembangan potensi anak. Selain itu, ia juga menekankan bahwa implementasi Sekolah Ramah Anak di lapangan tidak selalu mudah dan dapat dihadapkan pada berbagai kendala, seperti kurangnya pemahaman tentang konsep dan tujuan Sekolah Ramah Anak, keterbatasan sumber daya, dan perbedaan budaya.

Narasumber kedua, Hj. Ratu Linda Martina Andryani, ST, MM, menyampaikan materi tentang Implementasi Satuan Pendidikan Ramah Anak di TK Islam Pembangunan. Ia memaparkan bagaimana TK Islam Pembangunan menerapkan konsep Sekolah Ramah Anak dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan sistem pendampingan anak yang dilakukan oleh guru dan pengasuh. Selain itu, di TK Islam Pembangunan juga dilakukan pengembangan aspek kreativitas dan potensi anak melalui berbagai kegiatan seperti seni, olahraga, dan lingkungan.

Dalam keseluruhan kegiatan, terlihat antusiasme para peserta yang ingin memahami konsep dan tujuan dari Sekolah Ramah Anak. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang Sekolah Ramah Anak dan mendorong implementasi di lapangan sehingga lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak dapat tercipta.