08 Desember 2022
Headline News

Tupoksi

Kepala Dinas
 Kepala Dinas memiliki tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang Pendidikan dan Kebudayaan.
 Kepala Dinas dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi:
 perumusan, penetapan, pelaksanaan kebijakan strategis dan teknis Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal, Pembinaan Sekolah Dasar, Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Kebudayaan dan Pembinaan Ketenagaan;
  1. perumusan, penetapan, pelaksanaan program dan anggaran Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal, Pembinaan Sekolah Dasar, Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Kebudayaan dan Pembinaan Ketenagaan;
  2. pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan urusan pendidikan dan kebudayaan;
  3. pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan di lingkup Dinas;
  4. pelaksanaan pelayanan penerbitan rekomendasi/saran teknis izin pendirian dan penutupan satuan pendidikan kerjasama di Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal;
  5. pelaksanaan pelayanan penerbitan rekomendasi/saran teknis izin pendirian dan penutupan di Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal yang diselenggarakan oleh masyarakat:
  6. pelaksanaan pelayanan penerbitan rekomendasi/saran teknis izin pendirian dan penutupan satuan pendidikan kerjasama di Bidang Pendidikan Sekolah Dasar;
  7. pelaksanaan pelayanan penerbitan rekomendasi/saran teknis izin pendirian dan penutupan Pendidikan Sekolah Dasar yang diselenggarakan oleh masyarakat;
  8. pelaksanaan pelayanan penerbitan rekomendasi/saran teknis izin pendirian dan penutupan satuan pendidikan kerjasama di Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  9. pelaksanaan pelayanan penerbitan rekomendasi/saran teknis izin pendirian dan penutupan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama yang diselenggarakan oleh masyarakat;
  10. pelaksanaan penyelenggaraan tugas pembantuan dari Pemerintah;
  11. pelaksanaan promosi dan pertukaran budaya antar daerah;
  12. pelaksanaan pelindungan Hak Kekayaan Intelektual pendidikan;
  13. pelaksanaan pelindungan Hak Kekayaan Intelektual komunal di Bidang Kebudayaan;
  14. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi lingkup Dinas; dan
  15. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan tugas dan fungsi.
 
Sekretaris
 Sekretaris memiliki tugas membantu Kepala Dinas dalam memberikan pelayanan administratif dan teknis yang meliputi urusan perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian dan mengoordinasikan administrasi urusan Pendidikan dan urusan Kebudayaan.
  Sekretaris dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi:
  1. pengoordinasian bahan penyusunan perumusan, pelaksanaan kebijakan strategis dan teknis norma, standar, prosedur dan kriteria di lingkup Sekretariat dan Dinas;
  2. pengoordinasian penyusunan, perumusan dokumen perencanaan program dan anggaran di lingkup Dinas;
  3. pelaksanaan penyusunan, perumusan dan analisa dokumen perencanaan program dan anggaran di lingkup Sekretariat;
  4. pengoordinasian pelaksanaan penelitian/asistensi/pembahasan program, kegiatan dan anggaran dengan unit kerja internal kementerian/lembaga/ instansi terkait;
  5. pengoordinasian penyusunan, perumusan dokumen pelaporan kinerja, program dan kegiatan serta pertanggung jawaban pemerintah lingkup Sekretariat dan Dinas;
  6. pengoordinasian, penyusunan, perumusan dokumen hasil monitoring dan evaluasi bulanan, triwulan, semester dan tahunan;
  7. pengoordinasian, penyusunan, perumusan dokumen pelaporan monitoring dan evaluasi bulanan, triwulan, semester dan tahunan;
  8. pengoordinasian, penyusunan, perumusan dokumen pelaporan capaian program standar pelayanan minimal urusan pendidikan yang dilaksanakan oleh Dinas;
  9. pengoordinasian, penyusunan, perumusan dokumen pelaporan penatausahaan keuangan bulanan, triwulanan, semester dan tahunan Dinas;
  10. pengoordinasian, penyusunan, perumusan dokumen catatan atas laporan keuangan Dinas;
  11. pengoordinasian kesejahteraan pegawai, hukuman disiplin pegawai, permasalahan yang dihadapi pegawai yang berdampak pada kinerja pegawai dengan unit kerja/lembaga/instansi terkait;
  12. pengoordinasian penyusunan dan analisa kebutuhan pegawai/pengadaan barang/pemeliharaan aset dinas/perjalanan dinas/penyelenggaraan rapat Dinas;
  13. pengoordinasian penyusunan analisa jabatan,analisa beban kerja, evaluasi jabatan dan standar komptensi jabatan di lingkup Dinas;
  14. pengoordinasian hasil evaluasi survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pada lingkup Dinas;
  15. pengelolaan barang, arsip dan hubungan masyarakat;
  16. pengoordinasian penyediaan data dan dokumentasi serta informasi publik;
  17. pengoordinasian pelaksanaan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas Pegawai di lingkup Dinas;
  18. pengoordinasian dan penyampaian hasil pelaporan dan evaluasi pelaksanaan tugas di lingkup Dinas kepada Kepala Dinas; dan
  19. pelaksanaan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas dan fungsi.
Sekretariat membawahkan:
a. Subbagian Perencanaan;
b. Subbagian Keuangan; dan
c. Subbagian Umum dan Kepegawaian.
 
 Kepala Subbagian Perencanaan
Kepala Subbagian Perencanaan memiliki tugas:
  1. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan teknis norma, standar, prosedur dan kriteria di lingkup urusan perencanaan meliputi program, evaluasi dan pelaporan di lingkup Dinas;
  2. memfasilitasi rapat koordinasi penyusunan dan perumusan dokumen Rencana Program Jangka Menengah Daerah, Rencana Strategis, Rencana Kerja Tahunan lingkup Dinas;
  3. menghimpun/menyusun/menganalisa/merumuskan/dokumen perencanaan program dan kegiatan serta anggaran meliputi Daftar Rencana Program dan Kegiatan, Rencana Kerja Anggaran dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di lingkup Subbagian Perencanaan dan Dinas;
  4. mengkoordinir penelitian/asistensi/pembahasan program, kegiatan dan anggaran meliputi penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran, Dokumen Pelaksanaan Anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;
  5. memfasilitasi rapat koordinasi penyusunan dan perumusan dokumen Indikator Kinerja Utama, Perjanjian Kinerja atau Penetapan Kinerja, Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Laporan Keterangan dan Pertanggung Jawaban di lingkup Dinas;
  6. menghimpun/menyusun/menganalisa/merumuskan/dokumen Indikator Kinerja Utama, Perjanjian Kinerja atau Penetapan Kinerja Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Laporan Keterangan dan Pertanggungjawaban di lingkup Dinas;
  7. menyiapkan bahan dan dokumen pendukung pelaksanaan program dan kegiatan di lingkup Subbagian Perencanaan;
  8. memfasilitasi rapat koordinasi penyusunan dan perumusan dokumen pelaporan hasil monitoring dan evaluasi bulanan, triwulanan, semesteran dan tahunan di lingkup Dinas;
  9. menghimpun/menyusun/menganalisa/merumuskan/dokumen pelaporan hasil monitoring dan evaluasi bulanan, triwulanan, semester dan tahunan di lingkup Subbagian Perencanaan dan Dinas;
  10. menghimpun data dan dokumentasi serta informasi publik;
  11. menghimpun/menyusun/menganalisa/merumuskan/dokumen standar pelayanan minimal urusan Pendidikan;
  12. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas Pegawai pada Subbagian Perencanaan;
  13. menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan arsip di lingkup Subbagian Perencanaan;
  14. menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas Pegawai pada Subbagian Perencanaan; dan    
melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas dan fungsi.
 
 
Kepala Subbagian Keuangan
 
Kepala Subbagian Keuangan memiliki tugas:
  1. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan teknis norma, standar, prosedur dan kriteria di lingkup urusan keuangan di lingkup Dinas;
  2. menyiapkan bahan penyusunan dokumen perencanaan program, kegiatan dan anggaran pada Subbagian Keuangan;
  3. menyiapkan dokumen pendukung pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran pada Subbagian Keuangan;
  4. menyiapkan jadwal rencana pelaksanaan pengajuan kebutuhan dana untuk pelaksanaan kegiatan di lingkup Subbagian Keuangan dan Dinas;
  5. menyelenggarakan penatausahaan keuangan di lingkup Dinas;
  6. menyelenggarakan pembinaan administrasi keuangan di lingkup Subbagian Keuangan dan Dinas;
  7. menghimpun/menyusun/menganalisa/merumuskan/dokumen pelaporan keuangan bulanan, triwulanan, semester dan tahunan di lingkup Dinas;
  8. menghimpun/menyusun/menganalisa/merumuskan/dokumen Catatan Atas Laporan Keuangan di lingkup Dinas;
  9. mengkoordinasikan Laporan Keuangan dan Catatan Atas Laporan Keuangan kepada unit kerja/Perangkat Daerah terkait;
  10. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas Pegawai pada Subbagian Keuangan;
  11. menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan arsip di lingkup Kepala Sub Bagian Keuangan
  12. menyusun laporan kinerja pelaksanaan tugas Pegawai pada Subbagian Keuangan; dan
  13. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas.
 
Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian
Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian memiliki tugas:
  1. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan teknis norma, standar, prosedur dan kriteria di lingkup urusan umum dan kepegawaian di lingkup Dinas;
  2. menyiapkan bahan penyusunan dokumen perencanaan program, kegiatan dan anggaran pada Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  3. menyiapkan dokumen pendukung pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran pada Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  4. menyelenggarakan layanan administrasi ketatausahaan di lingkup Dinas;
  5. menyelenggarakan layanan administrasi kepegawaian di lingkup Dinas;
  6. menyelenggarakan layanan kerumahtanggaan di lingkup Dinas;
  7. menyelenggarakan pengelolaan barang milik daerah di lingkup Dinas;
  8. menyelenggarakan pengadaan dan pencatatan kebutuhan perlengkapan kantor barang pakai habis di lingkup Dinas;
  9. melaksanakan kehumasan dan informasi;
  10. melaksanakan peningkatan kemampuan dan kapasitas pegawai;
  11. melaksanakan pengelolaan perpustakaan dan kearsipan lingkup Dinas;
  12. melaksanakan pelayanan dan pengelolaan perjalanan Dinas;
  13. memfasilitasi penyusunan analisa jabatan, analisa beban kerja, evaluasi jabatan dan standar kompetensi jabatan di lingkup Dinas;
  14. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas Pegawai pada Subbagian Umum Dan Kepegawaian;
  15. menyelenggarakan survey kepuasan masyarakat terhadap jenis pelayanan yang dilaksanakan Dinas;
  16. menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan arsip di lingkup Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  17. menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas Pegawai pada Subbagian Umum dan Kepegawaian; dan
  18. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas.
 untuk lebih detail dapat di lihat disini