20 Mei 2024
Headline News

Pembinaan Program Indonesia Pintar Tingkat SD 2023

Pelaksanaan Pembinaan Program Indonesia Pintar (PIP) Jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun 2023 dilaksanakan dengan melibatkan 320 sekolah, yaitu 157 sekolah SD Negeri dan 163 sekolah SD Swasta, serta 10 orang pengawas. Acara ini diselenggarakan bersama oleh DPRD Kota Tangerang Selatan, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PLPP) Kemendikbud Ristek, Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Tahun lalu, sebanyak 23.475 siswa menerima PIP dan tahun ini diharapkan jumlahnya bisa lebih banyak lagi. Namun, pelaksanaan PIP masih menghadapi beberapa kendala, seperti kurangnya penyampaian informasi kepada orangtua atau wali siswa, pelayanan pada waktu siang hari yang kadang ditolak pihak bank penyalur, serta tidak ada pelaporan dari orangtua atau wali siswa kepada pihak sekolah setelah melakukan aktivasi pencairan.

Meski demikian, para pihak yang terlibat akan berkoordinasi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut agar PIP dapat diterima oleh sebanyak mungkin siswa yang membutuhkan.